TUGAS KAJIAN SENI RUPA DAN DESAIN


Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda. Dalam ilmu komunikasi “tanda” merupakan sebuah interaksi makna yang disampaikan kepada orang lain melalui tanda-tanda. Dalam berkomunikasi tidak hanya dengan bahasa lisan saja namun dengan tanda tersebut kita juga dapat berkomunikasi. Lalu adapun juga contoh semiotika yang saya ambil dalam kehidupan sehari – hari saya yaitu tentang sepatu Compass yang sangat spesial dan berkesan bagi saya.



Sepatu Compass Retrograde high berwarna hitam dan putih ini sangatlah spesial bagi saya karena sepatu ini memiliki desain vintage yang menarik cocok untuk kalangan anak muda dan box pada sepatu ini sangat bagus dan menarik dengan perpaduan warna orange dan biru, terlebih lagi yang sangat spesial ada foto sejarah asal mula sepatu compass ini didirikan.

Sebelumnya, Compass adalah merek sepatu lokal asal Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1998. Dahulu, nama brand sepatu ini adalah Gazelle. Namun, perjalanannya tidaklah mulus karena kalah saing dengan merek sepatu lainnya. Dua dekade kemudian, Compass hadir dengan sentuhan kontemporer yang fresh dan mengikuti tren anak muda. Adapun seri dan model yang ada pada sepatu compass ini yaitu sepatu compass Gazelle, Vintage, Retrograde, Proto Lite dan yang terbaru Velo City.

Sepatu compass yang saya minati dan saya sukai yaitu compass retrograde high, sepatu ini resmikan oleh compass pada tanggal 19 maret tahun 2021 dengan harga 576.000 rupiah. Perilisan pertamanya pada tanggal 23 maret dan di jual secara online, pada saat itu saya mencoba untuk membelinya tetapi saking banyak peminatnya dan sangat terbatas sepatu itu sold out dalam waktu 1 sampai 5 menit pada pertama perilisan nya dan saya tidak dapat membeli sepatu itu. Lalu saya bersabar dan menunggu sampai ada tahap kedua perilisan nya, pada perilisan yang kedua saya mencoba untuk yang kedua kalinya dan ternyata gagal lagi dikarenakan sold out yang sangat cepat. Lalu pada tanggal 18 april 2021 pada akhirnya saya mendapatkan sepatu yang spesial ini, setelah sekian lama menunggu hampir satu bulan lamanya.

Pada saat sepatu ini sampai dirumah saya sangat senang sekali karna bisa mendapatkan sepatu yang sebagus ini dan sesusah ini untuk mendapatkan nya dan menjadi sepatu yang sangat spesial  bagi saya. Sampai saat ini sepatu tersebut masih saya pakai untuk sehari hari, sangat tidak terasa bagi saya sepatu ini sudah menemani saya hampir 2 tahun lamanya dan sepatu ini masih nyaman untuk dipakai dan awet hingga saat ini.

Dalam semiotika menurut Peirce, tanda merupakan sesutu yang berfungsi untuk mewakili sesuatu yang lain dengan mempresentasikan sesuatu yang diwakilinya. Peirce membagi sistem tanda (semiotik) menjadi  tiga unsur yang telah dimuat dalam teori segitiga yaitu tanda (sign), acuan tanda (object), dan penggunaan tanda (interpretant). Tanda merupakan sesuatu yang berbentuk fisik yang diterima oleh panca indera manusia dan dapat merepresentasikan hal lain di luar tanda itu sendiri. Tanda menurut Peirce terdiri dari simbol, ikon dan indeks. Acuan dari tanda disebut objek.

 Sepatu saya ini adalah contoh semiotika dalam sehari – hari. Pada element (sign) terdapat pada nama objeknya yaitu “Sepatu Compass Retrograde High”. Lalu pada element (object) terdapat pada sepatu itu sendiri, dan yang terakhir element (interpretant) diisi dengan fungsi dari benda itu sendiri yaitu untuk alas kaki.

            Begitulah tentang kisah singkat dari cerita sepatu spesial saya yang mengandung contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari dan itu saja penjelasan dari saya mohon maaf sekiranya terdapat kekurangan mohon untuk dikoreksi agar kedepan nya bisa lebih baik lagi. Saya ucapkan terima kasih… 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN SENI RUPA & DESAIN

ANALISIS SEMIOTIKA DALAM KERIS SUNAN KALIJAGA

Mitos dan Pengalaman Estetis dari Lagu Golden Hour – JVKE